Senin, 01 September 2014

20 Hal Yang Mesti Ente Perhatikan Dari Biro Haji Dan Umroh



Salah satu cara ane mempromosikan tiket lia adalah dengan berkenalan dan menghubungi kontak lama. Teman-teman, kerabat, sanak saudara, saudara jauh, saudara barusan kenal, handai tolan, orang di pinggir jalan yang gak berdosa apa-apa juga ane kontak. Biasanya model macam gini indikasinya ndak baik. Stigmanya itu sudah memburuk. Kalo ente tiba-tiba dihubungi teman yang lamaaaaaa banget ndak ketemu sejak dinosaurus punah, pasti ente berpikiran yang macam-macam. “Jangan-jangan ini MLM? Gue takut…ngumpet  sono! Atau pura-pura mati suri. RIP”.

Ane juga ngalamin kayak gitu. Dikira agen rahasia penyebar MLM. Huh!..Ndak salah sih, tapi itulah stigma buruk. Hidup segan, matipun tak mau. Label sok-kenal-sok-dekat jadi agak ngeri sekarang. Jangan-jangan loe dekat sama ane ada maunya? Ente bisa bayangin gak gimana tuh kelamnya keadaan  orang-orang yang sudah hidup-matinya digantungkan di MLM, kasihan juga jika mendapati realita bahwa MLM sudah sedemikian parah. WOOII..bahasan dari tadi kok MLm doing? Wowke….Back to topic.

Jadilah ane ketemu sama juragan travel haji yang juga kakak kelas ane. Lokasinya di Embong Malang Surabaya. Ane bicara sama dia kalo tiket ane mau ane kembangin ke level dewa. Kalo ndak dewa ya ndak papa, setengahnya aja kayak lagu Iwan Fals : dewa setengah manusia?? Tiba-tiba tayangan mahabarata kayak nongol begitu saja.

Ane jadi inget pas dulu ngelayanin kakak kelas ane tersebut. Ane nawarkan diri (bukan ngejual diri yak) buat bantuin kalo angkut-angkut barang ke bandara. “Gimana kang bro…ada yang bisa dibantuin tha, angkut koper ke bandara gak papa,” kata ane sambil mengiba. Wajah kakak kelas ane itu langsung blingsatan, kege eran paling kok hari gini ada yang nawarkan diri buat bantuin. Oh Tuhan, jaman segini masih ada juga hamba-Mu yang terbuka hatinya buat ngebantuin para jamaah. Mulutnya menganga mau bicara tapi segera ane cocor dengan omongan yang baru. “Tapi ane tariff yak, gak pake argo kok, harga jauh di bawah taxi,” lanjut ane. Wajahnya spontan nyengir. Geleng-geleng kepala macam orang nahan ke jamban selama 48 jam. Wal-hasil hari itu juga, ane dapat orderan ; jadi sopir pick up ngakutin koper jamaah umroh ke Bandara Juanda Surabaya. Alhamdullah, rejeki emang gak kemana, meskipun cara ane sedikit kasar, but, ane emang benar-benar mentok waktu itu.

Sejak saat itu, jadilah ane sopir preman—istlah sopir serabutan—yang bertugas membawa amanat suci ; membawakan tas para jamaah umroh selamat sampai tujuan. Dan kini, ane memberanikan diri untuk menambah jenis orderan yang gak cuma tukang angkut koper saja, tapi juga membantu mengenalkan travel hajinya.

Ane berpikir, gimana caranya supaya enak? Supaya dia gak tersinggung, pun juga ane bisa dapat membantu dia mengembangkan biro hajinya tersebut. Aha…Khan ane punya blog? Kenapa gak ane tawarkan blog ane ke dia. Bahasa bisnisnya : win-win solution. Sama-sama ngasih solusi gak ada yang dirugikan. Bidangnya pun mirip-mirip : sama-sama travelnya. Dia travel religious yang bertugas menghantarkan jamaah ke hariban Tuhan, dan ane ngejual tiketnya. Why not?

Ane tanya ke dia sebenarnya apa keunggulan travel hajinya dibanding yang lain? Kalo biasa-biasa mah ya saat ini banyak juga agen travel yang bermunculan bukan? BUKAAANNN…hahahaha…Bukan bermaksud bercanda, tapi itulah realitanya. Bahwa keunggulan sudah menjadi barang mujarab untuk diterima di kalangan jamaah. Ingat bung, ini travel beda sama BUMN atau institusi Negara yang gak pernah kenal rugi kecuali negaranya hancur. Ini adalah swasta yang dituntut untuk menghidupi dirinya sendiri dengan mandiri, punya kelebihan, atau kalo keunggulannya sudah dimiliki perusaah lain, paling ndak kudu berbeda dari yang lain. Mirip julukan Mourinho : The Special One.

Kakak kelas ane ngejelasin kalo perbedaannya ada di tiga hal. Pertama pelayanan, Kedua Pelayanan, dan ketiga pelayanan. “Diruntut sampek dua puluh pun gak papa, tapi sampai nomor duapuluh juga pelayanan,” ujarnya sambil ngekek-ngekek. Perusahaan travel haji ini membawa dua misi sekaligus katanya, yakni untuk memudahkan para jamaah umroh/haji agar khusuk beribadah di tanah suci, dan kedua adalah punya rasa tanggung jawab terhadap mabrur tidaknya ibadah tersebut meskipun point kedua ini sifatnya subyektif. Oleh karena itu, travel haji dia menghandle semua urusan mulai dari kemudahan mengatur koper, kemudahan dalam tempat tinggal, dan kemudahan dalam pembibingan di tanah suci. “Ane sangat anti untuk membiarkan jamaah dan menelantarkan mereka saat tiba di tanah suci, kita memfasilitasi para jamaah itu hanya fokus untuk ibadah umrohnya dan gak ngurusi hal-hal lain” ujarnya.

Untuk melakukan hal itu, travel dia gak mampir ke bandara Soekarno-Hatta yang terkenal ribet dalam pengurusan koper jamaah umroh. Start dari Surabaya, para jamaah langsung ke Kuala Lumpur, koper dijaga oleh orang khusus yang mengurusi hingga tiba di kamar tempat tinggal para jamaah di tanah suci. Dia juga punya orang di Makkah yang kebetulan juga masih kerabat temannya ketika masih sekolah dulu, yang bertugas untuk ngurusin akomodasi para jamaahnya tersebut. “Enak rasanya bisa ngebantu orang beribadah, orientasi ane cuman memudahkan para jamaah itu agar ndak bingung dan hanya fokus pada pendekatan diri sama Tuhan tatkala tiba di tanah suci,” tambahnya lagi.

Ane hanya manggut-manggut. Tapi kalo melihat banyaknya koper yang ane angkut setiap kali nganterin ke Bandara Juanda, ane kira perkataannya tadi bisa dipegang.

Kapan juga bisa ikutan ke tanah suci dan bersimpuh di depan Ka’bah plus makam Rosulullah. Ah, bau-bau hajar aswad tampak semriwing di hidung ane, dan setelah ane tengok ke belakang ternyata ada pegawainya lewat mau sholat ashar sambil ngibas-ngibasin sajadah. Itu bau minyak wangi hajar aswad kaleee….

Bagi temen-temen, bapak-ibu, kakek-nenek, atau siapapun yang pengen tahu lebih lanjut, cekidot brosur pemberian temen ane di bawah ini ya, siapa tahu ibadah Anda makin dipermudah dengan orientasi pelayanan yang jadi tujuan utama travel haji miliknya tersebut. Atau bisa juga kontak ane langsung untuk informasi lengkapnya. 


Ini progrm umroh 12 hari...silahkan bisa dilihat langsung apa saja jadwal dan kegiatannya disitu. Klik aja gambarnya untuk lebih detail :



Kalo di bawah ini adalah program umroh 13 Hari. Cek juga kegiatannya beserta jadwalnya. Jika memang kurang lengkap atau mau tahu lebih lanjut, silahkan kontak ane langsung untuk ane bantu.