Salah satu cara ane mempromosikan
tiket lia adalah dengan berkenalan dan menghubungi kontak lama. Teman-teman,
kerabat, sanak saudara, saudara jauh, saudara barusan kenal, handai tolan,
orang di pinggir jalan yang gak berdosa apa-apa juga ane kontak. Biasanya model
macam gini indikasinya ndak baik. Stigmanya itu sudah memburuk. Kalo ente
tiba-tiba dihubungi teman yang lamaaaaaa banget ndak ketemu sejak dinosaurus
punah, pasti ente berpikiran yang macam-macam. “Jangan-jangan ini MLM? Gue takut…ngumpet sono! Atau pura-pura mati suri. RIP”.
Ane juga ngalamin kayak gitu.
Dikira agen rahasia penyebar MLM. Huh!..Ndak
salah sih, tapi itulah stigma buruk. Hidup segan, matipun tak mau. Label
sok-kenal-sok-dekat jadi agak ngeri sekarang. Jangan-jangan loe dekat sama ane
ada maunya? Ente bisa bayangin gak gimana tuh kelamnya keadaan orang-orang yang sudah hidup-matinya
digantungkan di MLM, kasihan juga jika mendapati realita bahwa MLM sudah
sedemikian parah. WOOII..bahasan dari tadi kok MLm doing? Wowke….Back to topic.
Jadilah ane ketemu sama juragan
travel haji yang juga kakak kelas ane. Lokasinya di Embong Malang Surabaya. Ane
bicara sama dia kalo tiket ane mau ane kembangin ke level dewa. Kalo ndak dewa
ya ndak papa, setengahnya aja kayak lagu Iwan Fals : dewa setengah manusia??
Tiba-tiba tayangan mahabarata kayak nongol begitu saja.
Ane jadi inget pas dulu
ngelayanin kakak kelas ane tersebut. Ane nawarkan diri (bukan ngejual diri yak)
buat bantuin kalo angkut-angkut barang ke bandara. “Gimana kang bro…ada yang bisa dibantuin tha, angkut koper ke bandara
gak papa,” kata ane sambil mengiba. Wajah kakak kelas ane itu langsung
blingsatan, kege eran paling kok hari gini ada yang nawarkan diri buat bantuin.
Oh Tuhan, jaman segini masih ada juga hamba-Mu yang terbuka hatinya buat
ngebantuin para jamaah. Mulutnya menganga mau bicara tapi segera ane cocor
dengan omongan yang baru. “Tapi ane tariff
yak, gak pake argo kok, harga jauh di bawah taxi,” lanjut ane. Wajahnya
spontan nyengir. Geleng-geleng kepala macam orang nahan ke jamban selama 48
jam. Wal-hasil hari itu juga, ane dapat orderan ; jadi sopir pick up ngakutin koper jamaah umroh ke
Bandara Juanda Surabaya. Alhamdullah, rejeki emang gak kemana, meskipun cara
ane sedikit kasar, but, ane emang benar-benar mentok waktu itu.
Ane berpikir, gimana caranya
supaya enak? Supaya dia gak tersinggung, pun juga ane bisa dapat membantu dia
mengembangkan biro hajinya tersebut. Aha…Khan ane punya blog? Kenapa gak ane
tawarkan blog ane ke dia. Bahasa bisnisnya : win-win solution. Sama-sama ngasih solusi gak ada yang dirugikan.
Bidangnya pun mirip-mirip : sama-sama travelnya. Dia travel religious yang bertugas menghantarkan
jamaah ke hariban Tuhan, dan ane ngejual tiketnya. Why not?
Ane tanya ke dia sebenarnya apa
keunggulan travel hajinya dibanding yang lain? Kalo biasa-biasa mah ya saat ini
banyak juga agen travel yang bermunculan bukan? BUKAAANNN…hahahaha…Bukan
bermaksud bercanda, tapi itulah realitanya. Bahwa keunggulan sudah menjadi
barang mujarab untuk diterima di kalangan jamaah. Ingat bung, ini travel beda
sama BUMN atau institusi Negara yang gak pernah kenal rugi kecuali negaranya
hancur. Ini adalah swasta yang dituntut untuk menghidupi dirinya sendiri dengan
mandiri, punya kelebihan, atau kalo keunggulannya sudah dimiliki perusaah lain,
paling ndak kudu berbeda dari yang lain. Mirip julukan Mourinho : The Special One.
Kakak kelas ane ngejelasin kalo
perbedaannya ada di tiga hal. Pertama pelayanan, Kedua Pelayanan, dan ketiga
pelayanan. “Diruntut sampek dua puluh pun
gak papa, tapi sampai nomor duapuluh juga pelayanan,” ujarnya sambil
ngekek-ngekek. Perusahaan travel haji ini membawa dua misi sekaligus katanya,
yakni untuk memudahkan para jamaah umroh/haji agar khusuk beribadah di tanah
suci, dan kedua adalah punya rasa tanggung jawab terhadap mabrur tidaknya
ibadah tersebut meskipun point kedua ini sifatnya subyektif. Oleh karena itu,
travel haji dia menghandle semua urusan mulai dari kemudahan mengatur koper, kemudahan
dalam tempat tinggal, dan kemudahan dalam pembibingan di tanah suci. “Ane sangat anti untuk membiarkan jamaah dan
menelantarkan mereka saat tiba di tanah suci, kita memfasilitasi para jamaah
itu hanya fokus untuk ibadah umrohnya dan gak ngurusi hal-hal lain”
ujarnya.
Untuk melakukan hal itu, travel
dia gak mampir ke bandara Soekarno-Hatta yang terkenal ribet dalam pengurusan
koper jamaah umroh. Start dari Surabaya, para jamaah langsung ke Kuala Lumpur,
koper dijaga oleh orang khusus yang mengurusi hingga tiba di kamar tempat
tinggal para jamaah di tanah suci. Dia juga punya orang di Makkah yang
kebetulan juga masih kerabat temannya ketika masih sekolah dulu, yang bertugas
untuk ngurusin akomodasi para jamaahnya tersebut. “Enak rasanya bisa ngebantu orang beribadah, orientasi ane cuman memudahkan
para jamaah itu agar ndak bingung dan hanya fokus pada pendekatan diri sama
Tuhan tatkala tiba di tanah suci,” tambahnya lagi.
Ane hanya manggut-manggut. Tapi
kalo melihat banyaknya koper yang ane angkut setiap kali nganterin ke Bandara
Juanda, ane kira perkataannya tadi bisa dipegang.
Kapan juga bisa ikutan ke tanah suci dan bersimpuh di depan Ka’bah plus makam Rosulullah. Ah, bau-bau hajar aswad tampak semriwing di hidung ane, dan setelah ane tengok ke belakang ternyata ada pegawainya lewat mau sholat ashar sambil ngibas-ngibasin sajadah.
Bagi temen-temen, bapak-ibu,
kakek-nenek, atau siapapun yang pengen tahu lebih lanjut, cekidot brosur
pemberian temen ane di bawah ini ya, siapa tahu ibadah Anda makin dipermudah
dengan orientasi pelayanan yang jadi tujuan utama travel haji miliknya
tersebut. Atau bisa juga kontak ane langsung untuk informasi lengkapnya.
Ini progrm umroh 12 hari...silahkan bisa dilihat langsung apa saja jadwal dan kegiatannya disitu. Klik aja gambarnya untuk lebih detail :
Kalo di bawah ini adalah program umroh 13 Hari. Cek juga kegiatannya beserta jadwalnya. Jika memang kurang lengkap atau mau tahu lebih lanjut, silahkan kontak ane langsung untuk ane bantu.