Minggu, 07 September 2014

(Brain Storming) Beberapa Rencana Fokus Bahasan TiketLia


Pernah dengar blog gado-gado? Seperti layaknya gado-gado yang terdiri dari campuran kubis, kecambah, lontong, tempe, selada, bumbu kacang dan melinjo, blog gado-gado mewakili semua jenis bahan diatas. Kalo Anda berpikir bahwa blog gado-gado adalah blog ngasal, Anda berada dalam pemahaman yang sama dengan saya.


Blog gado-gado mengulas apa saja yang terjadi. Alih-alih fokus pada satu topik, blog jenis ini memasukkan konten apapun supaya blog terus terupdate. Blog macam begini biasanya jadi semacam berisi diary bagi pemiliknya.


Masalahnya dalam dunia blogging adalah keseragaman/fokus itu penting. Klasifikasi blog pada tema dan bahasan tertentu memudahkan pembaca untuk mengidentifikasi bahwa kalo blog A misalnya menonjol dalam satu bidang dan mengulas tuntas tentang bidang tersebut. Ini yang akan membawa mereka untuk balik lagi berkunjung.


TiketLIa akan berjalan kearah tersebut. Mengingat bahasan yang luas juga memiliki konsekuensi berat, maka TiketLia berkonsekunsi hanya membahas masalah tiket dan marketing tiket.


Maka sore tadi saya bicara dengan teman. Semacam brand stroming. Berdiskusi dengannya tentang arah TiketLIa. "Mau dibawa kemana blog ini?" begitulah temanya. 


Pemilihan bahasan yang fokus mutlak dibutuhkan, tapi apa? Mengatasi kebuntuan ini, baiknya adalah menuliskan apapun  yang muncul di kepala. Meskipun tidak berhubungan dengan nama TIketLia, ide apapun dikeluarkan. Fokus blog ini itu apa?


Jawabannya random dan muncul satu persatu. Berikut ini adalah beberapa jawaban yang muncul : 


keyword tiket Lia
marketing tiket
industri wisata
industri kreatif, contoh Bandung
marketing tiket
edisi khusus regio propeller 
bagaimana industri penerbangan di Amerika
industri penerbangan di Eropa


hubungannya dengan hotel2 ternama. diskon dll

pertanyaan besar bagi blogger profesional :

produk sendiri
iklan
adsense

SS perusahan travel succsess story

interupsi : program next


protein alternatif

bekicot
lalat
katak


Ide-ide diatas mengalir begitu saja. Tampak absurd? Jelas absurd wong kita menjawab apa saja. Jawaban ini mengindikasikan bahwa sebenarnya saya  sendiri masih bingung untuk membahas hal khusus apa di TiketLia.


Dari sekian jawaban yang muncul diatas, ada satu bahasan menarik yang bisa jadi faktor pembeda dengan blog penyedia layanan pesawat terbang lainnya.

Keyword : marketing tiket sangatlah cocok untuk ditulis. Bahasan ini yang akan terus di perjelas untuk mengisi blog ini ke depan.

Kalo kehaisan ide misalkan, saya akan mengisi blog dalam kategori "Selingan". Ide-ide selama surfing dan kalo ane rasa menarik, maka ane tulis ulang dan ane masukkan dalam kategori khusus.

Ada yang sedang memikirkan topik bahasan utama dalam blog Anda saat ini? Silahkan sharing-sharing di bawah.