Selasa, 16 September 2014

2 Tips Cespleng Bikin Konten Asli


Konten asli atau dalam bahasa inggrisnya disebut "original content" adalah ruhnya blog. Ngapain kalo blog isinya cuman hasil copy paste dari orang lain. Itu sudah menyalahi aturan originalitas. Lah, apakah ada sesuatu yang original di dunia ini? Ndak ada, tapi namanya usaha itu dibutuhkan lho untuk tidak hanya njiplak100 % aja. Kalo lah satu tulisan didapatkan dari blog lain misalkan, coba aja rumah satu-dua point agar artikel Sampeyan merupakan hasil sampeyan sendiri.

Dengan mengkondisikan diri untuk "tidak" sesekali copy paste, hal itu akan mendorong diri kita untuk "putar otak" bagaimana menerbitkan konten yang bermutu dari konten yang sudah ada sebelumnya. Trik untuk menelurkan kontek original dari hasil pemikiran orang lain adalah sebagai berikut :

1. Tambahkan. Misalkan lagi booming masalah OCD misalkan. Coba Anda renungkan, dan tanyakan dalam diri Anda sendiri : Ditabah apa ini OCD? Keluarkan ide Anda sederas-derasnya, terdengar gak enak pun gak papa, yang penting tambahkan apa aja di belakang atau depan kata OCD itu. Inilah beberapa pemikiran TiketLia tentang OCD. OCD cocok untuk orang indonesia yang berpenghasilan pas-pasan, TIdak ada hambatan menjalankan OCD meskipun penghasilan Anda pas-pasan, Kalo ndak bisa jalankan OCD berarti Orang kaya, OCD bagi yang sudah tercandui makan, OCD sama COD apa bedanya, dll. Pokoknya tarik garis-garis di luar bahasan OCD yang bisa dituliskan.


2. Kurangi. Misalkan Anda kalo baca blog yang berkaitan dengan cara blogging, tuh ada banyak tips bukan? Bukannya malah membantu, berdasarkan pengalaman TL, justru tips itu hanya sekedar  menjadi lips service belaka. Ia hanya menjadi bahan bacaan yang belum menggugah untuk melakukan aksi dan gerak. Nah, salah satu yang bisa ditawarkan dalam permasalah seperti itu adalah : "mengurangi" tips blogging. Orang akan : "Aha" kenapa banyak-banyak tips, wong itu hanya tips aja loh. Kenapa gak satu aja, trus dijalankan setiap saat sampai benar-benar mahir.

Proses menambahkan dan mengurangkan inilah yang akan membuat Anda kreatif. TL jamin kalo Anda sering melakukanya, Anda akan jadi orang paling kreatif dah. Gak percaya? langsung praktekkan aja ya...Tambahkan-Kurangi..Ide..Dan menulislah dengan segera Jangan menunggu besok kalo gak mau idenya menguap, mumpung masih basah di otak, segara catat saja apa yang sedang melintas di otak Sampeyan.

Selamat hari Kamis mas bro...Anda hari ini dah bikin original conten?