Kamis, 11 Agustus 2016

5 Hal Yang Gak Boleh Anda Lewatkan Setelah Lama Vakum Ngeblog

Edyan...Sudalh sejak maret 20016 ane gak ngeblog...

That's a loooong time...

Lalu ngapain aja sampai lima bulan gan ngisi blog? Gak nulis blog lagi? Atau sibuk dengan urusan lain?

Kalo mau alasan, ada 1001 alasan yang bisa di tulis buat urusan gak ngeblog, tapi kawan, sudahlah, itu karena kesalahan ane sendiri gak fokus ngurus blog. Dan akhirnya blog urusan tiket dan tranportasi ini jadi terbelengkalai.

Eniwei,,,urusan ngeblog bukanlah hal remeh. Bolehkan Anda mengurus blog di waktu senggang, tapi kalo mau serius dapat uang dari blog, mengerjakannya gak bisa main-main.

Ada beberapa pelajaran yang ane petik dalam kurun waktu yang lama tersebut. Salah satunya adalah ngurus blog emang gak boleh nyabang-nyabang. 



Begini, ane juga dituntut untuk mengembangkan blog lain yang berkecimpung di dunia permesinan. Satunya lagi ya blog ini. Akhirnya belum lagi berhasil dengan blog yang sini, ane memutuskan untuk poligami membangun blog lain. 

What the hell...Hehehe...Macam begini gak boleh di tiru.

Untuk membangun blog yang serius, kudu fokus pada satu bahasan saja. Mengembangkan isinya, kontennya, dan akhirnya mencoba untuk mengambil peruntungan dari blog yang sudah berisi. 

Kok mengambil peruntungan? Yup, ane jujur aja, karena ane jualan tiket dan sewa mobil, ane juga butuh dong bisnis ini dikenal oleh orang-orang. Gak jauh-jauh deh, cukup penduduk Surabaya aja yang menjadi target market ane bisa mengenal usaha yang sedang ane jalani ini sudah ane katakan cukup kok...Hehehe...Ngarep...Wkwkwk...

Balik lagi ke persoalan mengembangkan tadi, emang kudu siap setia dengan satu satu blog dulu. Butuh waktu kira-kira enam bulan dan bahkan lebih untuk melihat apakah blog sampeyan ini dikunjungi atau tidak. Kalo menunjukkan hasil positif ya terusin, kalo ndak ya tutup saja dan ganti pekerjaan. 

Selain fokus, ane juga mendapatkan beberapa renungan dari lamanya vakum ngeblog. Apa saja itu? 

Waktu adalah investasi yang utama

 

Yup, nasehat ini emang kuno banget. Seperti signal radio yang diulang-ulang. Tapi kebijaksanaannya masih terlihat nyata. 

Time is money gak berlaku bagi dokter belaka, tapi juga bagi siapapun yang ingin sukses secara utuh. 

Waktu adalah variabel penentu bagi seseorang untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan. Dan sejatinya, waktu akan terus ada, tinggal pintar-pinternya kita aja menggunakannya untuk kepentingan yang sudah kita rencanakan.

Target blog itu penting

 

Kalo hidup gak ada tujuan, kalo hidup belum belajar sama pekerjaan salesman, sudahlah hidup akan terasa datar. 

Kecuali jika Anda keturusan orang berpunya, tentu target gak terlalu penting karena tabungan dan asset Anda masih banyak. Hehehe...

Nah, target ini juga berlaku buat ngeblog lho...Misalkan, berapa artikel yang harus diupload...200 artikelkah? Atau lebih dari itu? 

Keliling sebar kartu nama yang ada nama blog Anda disitu, boleh juga...Kapan dan sampai mana rencana itu tereksekusi? 

Nah, target ini menyesuaikan. Tinggal Anda pinter-pinter memilih target yang cespleng dan berbatas waktu. 

Ngeblog itu juga investasi lho bro

 

Pertama ane gak percaya, tapi setelah menelaah bahwa konten yang kita upload di blog dan kemudian disukai oleh banyak orang, dilhat banyak orang, digunakan banyak orang, nah itu sudah jadi investasi.

Jadi gak ada salahnya untuk mengupload konten dan artikel. Ternyata selama artikel itu gak terhapus, dan jaringan internet masih ada, konten Anda akan selalu ada dan siap diakses.

Nah, tinggal membuat konten yang bisa dibaca dan menarik banyak orang saja. Caranya bagaimana? Banyak sudah postingan tentang cara membuat konten yang ciamik, tinggal kita melakukannya saja. 

Ngeblog itu gak butuh ribet

 

Sejujurnya, blog ini gak keurus emang bukan kesalahan siapa-siapa (ya iyalah, itu kesalahan ane sendiri sebagai pemilik blog). Tapi kawan, ane rasakan bahwa ngeblog itu gak butuh alat yang macam-macam.

Biasanya ane sering mengeluh. Gak ada laptop, gak ada jaringan internet, gak ada ide, gak ada waktu, gak ada ide yang layak untuk ditulis, dll...

Tapi ternyata, ketika melihat ke dalam diri ane lagi, ternyata ane kurang bersyukur.

Gak ada laptop, ternyata punya smartphone.....

Gak ada jaringan internet ternyata ada temen yang punya warung dan ada wifinya...

Gak ada waktu,,,eit, kemana aja selama ini? Kok masih gak ada waktu...Come On...Waktu selalu ada, tinggal mau menyisihkan ndak untuk ngeblog.

Dan sejuta solusi lainnya. Kalo fokus pada masalah, terus terang aja dah, gah ada habisnya. Tapi kalo fokus pada solusi, nah, ternyata solusinya banyak juga.

Nah kawan, kalo sampeyan masih merasa kalo ngeblog itu sulit, jangan khawatir, segera bertobat dan lihat dalam diri sampeyan sendiri bahwa masih ada ruang untuk dikondisikan. Itu semua hanya tergantung niat saja. Hehehe....