Senin, 21 Maret 2016

5 Tempat Mencari Ide Ngeblog







Ngeblog itu hampir tanpa batas. Apa aja bisa dijadikan bahan ngeblog. Asalkan satu hal ; topik, bahasan, atau hal yang Anda kupas menarik perhatian orang.

Yang bener emang membahas ngeblog yang konsisten tentang satu masalah. Misalkan membahas masalah pengembangan diri, ya isinya adalah pengembangan diri melulu. Ndak ada bahasan lain disitu.

Tapi ada juga blog yang emang ditujukan untuk menarik pengunjung agar melihat produk atau jasa yang sedang ditawarkan. Misalkan Anda berdagang sepatu, lalu Anda bikin artikel-artikel menarik, plus ada iklan sepatu Anda disitu.

Kalo ngeblog jenis pertama, memang membutuhkan keahlian yang mumpuni. Ahli saja tidak cukup, tapi Anda perlu untuk menjadi benar-benar ahli di satu bidang.

Tapi kebanyakan emang gak bisa seperti itu. Bisanya hanya cuap-cuap doang atau hanya sekedar menulis, maka jalan nomor dua bisa Anda tempuh.


Kalo ane sendiri sih juga termasuk golongan kedua kawan. Jujur aja, jualan tiket tidak membutuhkan skill khusus. Bahkan bisa dikatakan, jenis jualan semacam ini hampir semua orang bisa.

Maka daripada itu, kewajiban ane adalah meramaikan postingan di blog ini, dengan harapan pengunjung datang dan membaca hasil karya ane.

Karena tidak based on spesific content, maka ide datangnya ngeblog pun macam-macam. Ada yang dari pengalaman pribadi, ada juga yang terinspirasi dari blog lain.

Berikut ini hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ide ngeblog :

1. Berkunjung ke kaskus


Ini sering ane lakukan, dan ternyata membawa manfaat sangat besar.

Kaskus adalah media untuk promosi sekaligus membangun image bisnis/jualan yang Anda lakukan.

Bahkan banyak lho ide yang bertebaran di kaskus yang bisa Anda olah kembali untuk menjadi artikel yang sesauai dengan kretereia Anda.

Apakah harus copy paste? Gak harus kawan, dan usahakan jangan hanya sekedar copy paste.

Kalo ane menambahin, kreatif dikit lah...Masak hanya ngandalin karya orang lain.

Tambahin dikit, sampaikan dengan gaya bahasa Anda, atau tuliskan lagi dengan tambahan referensi.

Kalo menurut ane, building credibillity macam begini penting mas bro. Karena copy paste (meskipun gampang) tapi membuat sampeyan tidak dihargai di depan orang.

Awalnya emang kelihatan mudah, tapi lama kelamaan, akhirnya orang pada tahu dan bilang ; "Ah, karya sampeyan hanya jiplakan dari orang lain."
 

2. Berkunjung ke shitlicious


 Jujur aja ane suka dengan blog yang satu ini. Karyanya alitt susanto.

Di dalamnya berkisah tentang kehidupan hariannya sebagai mahasiswa abadi. Alitt pun juga nambahin blognya dengan monetizing yakni ; jualan buku, jualan iklan, dan jualan dirinya sendiri.

Hehehe...

No offense ya bang alitt, ane tetep kok menjadikan blog sampeyan sebagai salah satu kiblat bagaimana membuat blog yang sukses.

Tulisan Alitt emang renyah, kebanyakan membahas cerita harian, cerita asmara, hingga nilai-nilai hidup.

Dari tulisan-tulisan seperti itu, ane kadang mendapatkan satu dua hal yang bisa dikembangkan atau ditulis ulang.

Tadaaa..akhirnya dapat ide dari membaca blog orang lain.

Silahkan Anda coba.

3. Mantengin detik dot com


Ini adalah portal berita yang paling fenomenal. Terlepas dari banyaknya tuduhan minor tentang pemberitaannya yang condong mendukung pemerintah, detik sangat dekat dengan netizen.

Bahkan sekarnag macam dijadikan tolak ukur berita-berita yang bertebaran di dunia maya.

Tak jarang informasinya juga bisa memberi ide bagi Anda untuk dikembangkan. So, coba aja klik satu persatu detik dot com, lama-lama ada ide yang menghampiri Anda.

4. Membaca artikel dari Jaya Setiabudi


Motivator yang satu ini emang terkenal cespleng. Langsung to the point dalam mengetengahkan pandangan bisnis.

Bahkan sekarang, melalui  yukbisnisnya, Jeragan Jaya tampaknya akan bersaing menjadi Jack-Ma nya Indonesia.

Artikel-artikelnya juga menarik untuk dibaca. Memberi pemahaman satu dua hal tentang nilai kehidupan, dan siapa tahu satu atau dua hal tadi bisa memberikan ide segar untuk ngeblog.


5. Lihat topik yang lagi ngetrend sekarang.


Lagi dengar tuntutan ke Zaskia Gothik, lagi kepo dengan pernikahan putri Pak Dhe Karwo Gubernur Jawa Timur, atau sudah gak sabaran untuk membahas produk apple yang kemungkinan muncul besok hari.

Perhatian hal-hal yang lagi ngetrend sekarang, dan coba gali untuk menuliskannya menurut gaya Anda sendiri.


Emang ngeblog tidak ada yang original, at least that for me, karena emang ane bukan ahli dalam satu bidang (harap maklum)

Ada benang merah yang bisa ditarik, bahwa blog kita ini juga perlu dukungan dari blog lainnya. So, terkenal sekalipun juga membutuhkan asupan dan dukungan dari blog lain.

Yang terpenting adalah terus berkarya, dan usahakan karyanya bagus-bagus. Maka lambat laut akan ramai sendiri.

Sumber :

www.kedu.co.id