Minggu, 07 September 2014

Kunci Marketing Tiket : KREATIFITAS

Bisnis tiket adalah bisnis yang penuh dengan kreatifitas. Kenapa bisa dikatakan demikan? Jawabannya mudah, selain persaingan yang ketat, pun juga porsi kuenya diperebutkan banyak pihak, termasuk pihak penerbit tiket itu sendiri ; maskapai penerbangan.




Pihak maskapai yang coba menguasai bisnis ini dari hulu sampai hilir terlihat dari kesanggupan mereka untuk membuka kanal pemesanan tiket secara langsung ke maskapai. Cara ini memudahkan pelanggan untuk langsung memesan tiket tanpa adanya pihak perantara. Pelanggan bisa langsung ke website maskapai, dan memesan langung tiket yang dibutuhkan.

Sebagai pebisnis travel, pilihan maskapai tersebut adalah sebuah tantangan. Bukan berat, tapi tantangan yang kudu di buktikan dengan penjualan besar. Untuk menghadapi hal ini, tidak bisa lagi digunakan rencana dan action plan biasa-biasa saja.


Action plan biasa saja itu konkretnya bagaimana? Ya cara-cara biasa macam hanya menjual tiket, tidak menjemput pasar, tidak mengedukasi pasar, hanya monoton buka kedai tiket trus berharap laku, dll. Contoh-contoh tersebut bila dilakukan terus-menerus, mau tak mau akan tergerus dengan persaingan dari pihak maskapai.

Menurut kita, kunci utama dalam dagang tiket adalah : KREATIFITAS. Hal ini memungkinkan pihak travel agent untuk survive di tengah persaingan dengan maskapai penerbangan.

Contoh kreatifitas dalam dunia ticketing bagaimana? Gampang saja. Gabungkan antara dua hal lalu Anda akan mendapatkan kreatifitas.

Misalkan begini :

Travel/persewaan mobil + Tiket

Hotel + Tiket

City Guidance + Tiket

Tiket untuk daerah remote (terpencil)


Travel + Persewaan Mobil (Antar Jemput) + Tiket akan memberi pelayanan all in one kepada pelanggan. Mereka yang masih buta akan kota Surabaya misalnya, pihak travel agent juga menyediakan all in on service dengan menghandle segala kebutuhan pelanggan. Akomodasi, dll dihandle langsung untuk memudahkan pelanggan agar tidak pusing-pusing memikirkan bagaimana ini dan itu.

Anda lihat, yang dijual bukan hanya tiket saja, tapi juga menjalin "bond" dengan pelanggan. Banyak dari pelanggan TiketLia yang merasa terbantu akan hal ini. Hubungan erat pun tercipta dan travel agent memiliki "keunikan" tersendiri di mata pelanggan

Contoh-contoh lain dari penggunaan kreatifitas bisa Anda lakukan dengan membuat promosi-promosi perjalanan wisata. Tapi sebelum itu, pastikan dulu bahwa semuany tertata rapi dan infrastrukturnya benar-benar memadai. Jangan sekali-kali memberi program travelling tapi kondisinya masih acak kadul.