Senin, 08 September 2014

Yuk Bikin Visi-Misi Blog

 
Layaknya sebuah usaha, blog akan lebih baik lagi jika ditambahakn visi dan misi. Tulisan ini terinspirasi dari blogger ternama, Herman Yudiono. Dalam tulisan yang posting pada 25 Oktober 2009, diterangkan apa visi-misi blog yang sedang dia bangun.

Tiba-tiba saja TiketLia (TL) jadi 'ngeh. Aha, boleh juga ngasih visi dan misi TiketLia. Blog ini sangat disayangkan jika tidak memiliki dua hal tersebut.

Jadilah TL korek-korek ke ruang kalbu paling dalam--ciyeee, merogoh hati ini ceritanya?--untuk menganalisa, untuk apa blog ini ditulis. Sebelumnya, dalam berbagai kesempatan, selalu TL tulis tujuan blog ini. Tulisan tentang tujuan TL menulis blog bisa Anda nikmati disini dan disono.

Kali ini, TL pengen menulisnya lebih spesifik. Takut? Jelas, nanti dikira takabbur. Tapi ndak papa, toh juga penulisan visi misi ini khan gratis, kalo namanya gratisan, perkara dihujat itu khan perkara biasa. :)

Lebih lanjut, TiketLia tulis perihal visi-misi dalam bentuk wawancara. Yah, supaya gak bosen dan ada sedikit variasila.

Question : Apa itu visi misi? 

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia, misi adalah tugas yg dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dan sebagainya. Adapun visi adalah pandangan atau wawasan ke depan.

Secara singkat visi = cita-cita,
Sedangkan misi = komitmen pribadi.



Question : Ada gak blogger yang blognya punya visi misi?


Ya iyalah, blog terkenal dan mendunia pastinya punya visi dan misi khusus. Bahasannya pun gak terlalu luas dan sangat-sangat-sangat spesifik. Bahasan terpusat dan detail itu membuat blog-blog tersebut menjadi "blog rujukan" bagi semua pembaca.

Misalnya ; Kalo ngomongin masalah blogging, rata-rata orang bilang : "Owh..ke problogger.com aja", kenapa bisa begitu? Jawabannya hanya satu ; karena problogger bisa menjawab dan memenuhi kebutuhan informasi akan blogging. Titik.

Berikut ini visi-misi blogger tingkat atas :

Darren Rowse (Problogger.net): Help you make money blogging
John Chow (John Chow.com): Tell people how make money online
Brian Clark (Copyblogger.com): Copywriting tips for online marketing success.
Steve Pavlina (StevePavlina.com): Personal development for Smart People
Yaro Starak (entrepreneurs-journey.com) : Down-to-earth advices and tips for blogger and internet marketers

Nah, bagi new bie pastinya nama-nama diatas masih jarang terdengar. Silahkan saja klik link untuk mengetahui bagaimana visi dan misi tersebut dingejawantahkan dalam setiap tulisan yang ada di postingan.

Question : Kalo visi misi TiketLia apa?

Good, TL bertanya dan TL sendiri yang jawab. Pinteeer...:)

Jadi begini, TiketLia ini adalah start up, layaknya start up, ia pengen berkembang menjadi yang terbaik dalam bidang pelayanan tiket dan pariwisata.

Singkatnya kalo diterjemahkan dalam Visi dan Misi :

Visi TiketLia :
"Menjadi salah satu blog rujukan perihal tiket, travel, dan wisata"

Misi TiketLia :
"Menyediakan artikel-artikel terbaik, kreatif, masif, dan terstruktur seputar tiket, travel dan wisata"


Demikian dengan TL, kalo njenengan ada visi dan misi apa? Silahkan corat-coret di bawah. :)




SUMBER